Gambar

Minggu, 15 September 2013

PANWASLU Kabupaten Purwakarta Gelar Pembekalan PANWASCAM



Bertempat di auditorium Grha Vidya, Kec. Jatiluhur – Kab. Purwakarta (11/09), PANWASLU Kabupaten Purwakarta menggelar kegiatan pembekalan PANWASCAM se-kabupaten Purwakarta. Agenda ini dihadiri oleh seluruh anggota PANWASCAM di wilayah kerja PANWASLU Kabupaten Purwakarta. Tambah ‘meriah’, tak ketinggalan komisioner dan Kepala Sekretariat PANWASLU Kab. Purwakarta, kemudian Ketua dan Kepala Sekretariat PANWASLU Provinsi Jawa Barat pun tampak hadir di lokasi. Para petinggi pengawas PEMILU kabupaten dan provinsi tersebut didaulat sebagai narasumber. 

Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana, Dandi Prima Kusuma, SH, menjelaskan bahwa event ini merupakan salah satu wujud pembinaan PANWASLU Kabupaten Purwakarta terhadap PANWASCAM yang berada di ruang lingkup kerjanya. “Hal ini sangat penting untuk peningkatan SDM yang melakukan kerja pengawasan PEMILU”, tegasnya. 

Sessi materi perdana segera dilangsungkan dengan menghadirkan Ketua BAWASLU Provinsi Jawa Barat sebagai pembicara. Disodori tema “pengawasan penyelenggaraan PEMILU DPR, DPD dan DPRD”, Drs. Harminus Koto kontan memaparkannya secara apik sambil sesekali diimbuhi candaan yang menyegarkan suasana. Dalam salah satu point penjabarannya, dijelaskan bahwa ada lima kata kunci dalam pengawasan PEMILU, yaitu (1) tepat prosedur, (2) tepat waktu, (3) lengkap data/dokumen, (4) absah data/dokumen dan (5) terbuka/transparan proses dan hasil. Lalu, dengan penekanan kritis, beliau menuturkan beberapa tipikal kekurangan pengawas pemilu yang kerap didapati. “Sepengalaman saya dalam pengawasan PEMILU di semua daerah di Indonesia, setidaknya ada tiga kekurangan yang kerap terjadi, diantaranya (1) banyak pengawas PEMILU yang belum memahami dasar hukum, (2) pengawasan dan laporan hasil pengawasan lebih sering berorientasi hasil ketimbang proses, terakhir (3) masih belum maksimalnya pengawas PEMILU dalam soal akses data”, jelasnya. Melalui program pembekalan, tambahnya lagi, diharapkan segala kekurangan tersebut dapat teratasi. 

Antusiasme lima puluh satu orang anggota PANWASCAM se-kabupaten Purwakarta tak berkurang meski acara di-plot marathon sampai malam hari. Terbukti, forum begitu dinamis dengan lontaran pertanyaan-pertanyaan tajam dari para peserta. Seperti ditunjukkan Iwan Gunawan, salah seorang anggota PANWASCAM Babakan Cikao. Respon kritis selalu diperlihatkannya di setiap sessi pembekalan. Salah satunya adalah soal penempatan alat peraga CALEG yang telah diatur dalam peraturan KPU. “Dengan bekal peraturan tersebut, kami jadi punya pegangan untuk kepentingan penertiban. Persoalan selanjutnya tinggal proses menuju penerapan aturan tersebut secara efektif”, ungkapnya. Sebagaimana disebutkan dalam PKPU No. 15 Tahun 2013 Tentang Pedoman Kampanye PEMILU Anggota DPR, DPD dan DPRD, penerapan aturan efektif diterapkan maksimal satu bulan pasca penetapan peraturan (tertanggal 22 Agustus 2013). Artinya, paling lambat 22 September 2013, zonasi pemasangan alat peraga telah betul-betul dituangkan dalam payung hukum yang konkrit. 

Jelang sore, sessi pembekalan diisi oleh komisioner PANWASLU Kabupaten Purwakarta. Diawali oleh Rr. Khristyanni PE, S.IP (Div. Administrasi) yang menyoal sisi per-administrasi-an yang kemudian disusul oleh Hedi Hidayat, S.Ag., S.Pd (Div. Pengawasan) dan Didin Syaprudin, S.Ag (Div. Hukum dan HUMAS). 

Wajah-wajah lelah peserta tak terelakkan tampak kontras. Stand kopi dan teh yang disediakan panitia telak jadi sasaran demi mengusir kantuk. “Ngopi lagi ahh!”, tandas Deden Ivan, anggota PANWASCAM Kiarapedes, yang kompak berbarengan dengan rekan-rekan PANWASCAM yang lain.

Pembekalan hanya salah satu dari sekian banyak agenda yang mesti dilalui dalam perjalanan pengawasan PEMILU Legislatif. Giat-giat lain menunggu di lain kesempatan. Jelas, 'padat-merayap'. (Diwz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan untuk memberikan komentar yang membangun dan bersifat memperbaiki. terima kasih

Pengunjung

Pengunjung :

Form ini dibuat untuk mengirim otomatis posting ke email anda. Untuk mendaftar, silahkan memasukkan alamat email anda.

design by panwaslu purwakarta

Copyright @ Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Purwakarta. Diberdayakan oleh Blogger.